Golongan yang Dirindukan Oleh Surga

dok. tangho’s journalist

Siapa sih yang tidak ingin masuk surga? Semua orang tentu menginginkan surga sebagai tempat kembali yang abadi. Balasan atas kejerihpayahan di dunia.

Umat Islam akan dijanjikkan untuk masuk kedalam surga. Namun ada beberapa golongan yang dirindukkan oleh surga. Layaknya sepasang kekasih, pasti akan rindu jika berjauhan dengan kekasihnya tersebut. Dan akan senang bila waktu bertemu telah tiba. Siapa saja golongan tersebut?

Dalam hadits Nabi disebutkan :

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَان

Artinya: “Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al Quran, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

  1. تَالِى الْقُرْانِ (Orang yang gemar membaca Al-Qur’an)

Siapa yang disini gemar membaca Al-Qur’an? Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam. Segala tingkah laku kita haruslah berlandaskan Al-Qur’an. Al-Qur’an memberikan tuntunan agar kita tak keluar arah. Selain itu, kitab suci ini akan memberikan syafa’at kepada orang yang membacanya.

  • وَحَافِظِ اللِّسَانِ (Orang yang menjaga lisan)

“Lisan lebih tajam dari pedang” ungkapan peribahasa tersebut memang benar adanya. Menjaga lisan tak semudah seperti yang dibayangkan. Terkadang manusia tidak sadar dengan apa yang diucapkannya, seperti berkata kotor, berdusta, mencaci maki, ghibah, atau kata kata yang membuat orang lain sakit hati.

  • وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ (Orang yang memberi makan orang lapar)

Setiap orang tidak ada yang sama. Semua mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sebagai makhluk sosial, sudah menjadi kodrat manusia untuk membutuhkan satu sama lain. Disaat orang lain susah dan kelaparan, hendaknya kita membantu. Janganlah malah menutup mata dan pura pura tak melihat.

  •  وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَان  (Orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan)

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang suci bagi umat Islam. Menahan lapar dan dahaga selama satu bulan, kemudian disambut dengan kemenangan pada hari yang fitri. Nyatanya bulan Ramadhan juga diharuskan menahan nafsu. Nafsu yang tidak dijaga membuat puasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja tanpa memperoleh amal ibadah. Padahal puasa merupakan tameng api neraka.

Demikianlah 4 golongan yang dirindukan oleh surga. Orang-orang yang dicintai surga. Semoga kita termasuk golongan-golongan tersebut, aamiin. Semoga bermanfaat.

(Kultum KH. Faishol Hasanuddin pada 13 Ramadhan 1445 H/ 24 Maret 2024)

@ans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

4 Hal Yang Dikhawatirkan Rasululloh SAW Pada Umatnya

Next Post

Menuju Akhir Ramadhan dan Tantangan Saat Berlibur Hari Raya

Related Posts
kitab kuning

MENGUAK MISTERI

CORETAN TENTANG TULISANبكيكج بكيكج kitab santri di pondok pesantren, tulisan كبيكج ( KABIKAJI ) adalah sebuah kata yang memiliki daya mistis untuk menghialngkan rayap, khususnya di dalam sebuah kitab yang sering menjadi sasaran dan perhatian penuh oleh santri.
Read More
Total
0
Share