Menuju Akhir Ramadhan dan Tantangan Saat Berlibur Hari Raya

Bulan Ramadhan berada pada sepertiga yang terakhir. Hari menuju liburan pun semakin dekat. Kegiatan ngaji balagh Ramadhan yang dimulai pada 1 Ramadhan 1445 H/ 12 Maret 2024 M, dan ditargetkan selesai pada 23 Ramadhan 1445 H/ 3 April 2024 M mendekati khatam, bahkan sudah ada beberapa kitab yang khatam.

Sebelum kepulangan, santri hendaknya melaksanakan zakat fitrah di pesantren berupa beras 3 Kg yang dapat dibeli dan dikumpulkan melalui pengurus di kantor sekretariat pondok pesantren, beserta niat dan akad yang akan dituntun oleh petugas.

Berdasarkan dengan Surat Edaran SE.011/YTGB/PPTG/III/2024, santri sudah diperbolehkan untuk berlibur Hari Raya Idul Fitri mulai tanggal 4 s.d 20 April 2024 M/ 24 Ramadhan s.d 11 Syawal 1445 H. Namun bagi santri yang belum menyelesaikan kitab balaghnya, baru diperbolehkan pulang setelah khatam. Dan santri MTs kelas IX dan MA kelas XII, wajib mengikuti program kegiatan sampai dengan pengumuman kelulusan/ wisuda.

Selama liburan berlangsung, para santri wajib menjaga nama baik pondok pesantren. Bagi orang tua ataupun wali santri juga dihimbau untuk senantiasa membimbing putra-putrinya untuk berpegang teguh dengan ilmu syar’i di dalam beraqidah, berakhlak, dan bermuamalah selama masa liburan.

Santri akan kembali memasuki pondok pesantren pada Ahad, 21 April 2024 M/ 12 Syawal 1445 H.  Dan sampai di pondok tidak melebihi pukul 16.00 WIB. 

Rencananya, kegiatan madrasah diniyah akan kembali aktif pada Rabu, 24 April 2024 M/ 15 Syawal 1445 H. Meskipun begitu, para santri harus tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Dan bagi yang tidak mematuhi, akan dikenai sanksi yang sesuai dengan pasal yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan demi kenyamanan bersama.

untuk selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Golongan yang Dirindukan Oleh Surga

Related Posts
Total
0
Share