Dalam rangka ulang tahun ke-50, IROPIN dan GAPOPIN mengadakan sosialisasi ke Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin

dok. tangho's journalist

Menindaklanjuti pemeriksaan mata bagi para santri pada 12 Desember 2023 yang lalu, IROPIN (Ikatan Profesi Optometris Indonesia) dan GAPOPIN (Gabungan Pengusaha Optik Indonesia) kembali hadir ke Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin untuk memberikan kacamata gratis kepada para santri. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 6 Januari 2023 dan bertempat di Aula Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin.

Tak hanya sekedar pembagian kacamata saja, para santri juga diberikan sosialisasi tentang cara penggunaan dan perawatan kacamata yang benar. Seperti rutin memakai kacamata, tidak meletakkan kacamata sembarangan, dan cara membersihkan kacamata sehingga tidak membuat lensa kacamata menjadi cepat lecet.

Dari keseluruhan santri yang mengalami keluhan mata, sekitar 53 santri memiliki mata minus diatas -1. “Pada tahun ini dalam rangka merayakan ulang tahun IROPIN yang ke-50 kami melaksanakan kegiatan bakti sosial di lembaga pendidikan, Dan kami memilih Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin karena jumlah santri/pelajarnya banyak.” ucap Ketua GAPOPIN Banjarnegara, Agus Mulyanto S.E. saat diwawancarai.

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa kesehatan pada mata sangat berpengaruh kepada hasil belajar dan prestasi para santri dan siswa. Hal tersebut disebabkan keterbatasan penglihatan terhadap objek pembelajaran seperti papan tulis ataupun guru yang sedang mengajar, sehingga tingkat kefokusan menjadi berkurang. Maka dari itu, diharapkan dengan adanya pembagian kacamata oleh IROPIN dan GAPOPIN, mereka yang mengalami keluhan mata akan terbantu.

Para santri terlihat antusias dan senang dengan adanya kegiatan ini. Tak lupa, seksi kesehatan pondok pesantren juga mengucapkan terimakasih kepada IROPIN dan GAPOPIN yang berkenan membantu para santri. (tim redaksi)

dok. tangho’s journalist
dok. tangho’s journalist
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Menjawab Problematika Umat dengan Metodologi Kepesantrenan

Next Post

PPDB 2024

Related Posts