KEUTAMAAN ZIARAH KUBUR

Pengertian Ziarah Kubur dalam ajaran islam mempunyai artian mengunjungi pemakaman (Kuburan) dan mendoakan arwah mereka yang sudah meninggal dunia. Dan untuk Hukumnya di dalam Islam sendiri telah dibolehkan. Nabi Muhammad SAW sudah pernah memerintahkan kita untuk melakukan Ziarah Kubur.

                Adapun Perintah Ziarah Kubur dari Nabi Muhammad SAW. untuk Umatnya telah dijelaskan didalam beberapa Hadist Shahih yang berbunyi, “Dahulu aku melarang kalian untuk melaksanakan Ziarah Kubur, tapi sekarang lakukanlah Ziarah Kubur karena Ziarah Kubur bisa mengingatkan kalian semua akan Akhirat” (Hadist Riwayat Ibnu Maajah no. 1569).  Lalu ada perintah lagi dalam sabdanya dan  telah ditulis didalam Hadist Riwayat Muslim yang berbunyi, ” Berziarah Kuburlah karena Ziarah Kubur dapat mengingatkan Kalian akan Kematian” (HR. Muslim no. 108).

                Sehingga dapat disimpulkan bahwa melakukan Ziarah Kubur bukan perkara Bid’ah, karena sekali lagi hal tersebut telah diperintahkan oleh Nabi untuk dilakukan bagi setiap muslim dan perintah tersebut telah ditulis dalam hadist–hadist yang shahih.

                Oleh sebab itu, sebagai umat muslim, sering-seringlah melakukan Ziarah Kubur baik itu seminggu sekali, sebulan sekali, maupun setahun sekali, karena selain telah diperintahkan oleh Nabi, keutamaan dari Ziarah Kubur dan Manfaatnya sendiri cukup banyak, sehingga sangat disayangkan jika tidak pernah melakukan hal tersebut semasa hidupnya.

                Kemudian, untuk keistimewaan Melakukan Ziarah Kubur yang pertama ialah akan mendapatkan pahala sunnah, karena telah melakukan apa yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Yang kedua ialah seperti sabda nabi yang diatas yakni dapat mengingatkan kita akan kematian dan akhirat.

                Lalu keutamaan yang ketiga yakni dapat melembutkan hati, seperti yang telah disebutkan dalam Hadist Riwayat Al Haakim yang berbunyi, “Dahulu aku pernah melarang kamu untuk Berziarah Kubur, namun sekarang ketahuilah hendaklah kamu Berziarah Kubur karena Ziarah Kubur dapat melembutkan hati, membuat Air Mata Berlinang (Menangis) dan dapat mengingatkan kalian akan Akhirat. Namun jangan sampai kamu mengatakan perkataan yang tak layak (Jorok) ketika Berziarah (Hadist Riwayat Al Haakim no. 1393 dan telah dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Al Jaami’ no. 7584) ”.

                Sedangkan keutamaan melakukan yang keempat ialah Ziarah Kubur mampu membuat hati tidak terpaut akan dunia dan tidak mementingkan terhadap gemerlap duniawi saja, hal ini telah dijelaskan dalam Hadist Riwayat Al Haakim yang berbunyi, “Dahulu Aku (Nabi Muhammad SAW) pernah melarang kamu untuk Berziarah Kubur, tetapi sekarang Berziarah Kuburlah kalian karena Ziarah Kubur dapat membuat kalian ZUHUD terhadap dunia dan dapat mengingatkan kalian akan Akhirat” (Hadist Riwayat Al Haakim no. 1387).

                Adapun Manfaat Ziarah Kubur selanjutnya ialah kita sebagai seorang Muslim bisa bersilahturahmi dengan mengunjungi kuburan (Makam) Bapak, Ibu, Kedua Orang Tua, Saudara, Para Wali, Para Ulama dan Orang – Orang Yang Kita Cintai yang sudah meninggal dunia. Tidak hanya itu, kita dianjurkan membaca doa ziarah untuk mereka semua karena doa kita sangat dibutuhkan bagi mereka yang sudah meninggal dunia, apalagi doa anak sholeh pasti sangat dibutuhkan bagi orang tuanya yang sudah meninggal karena ada  tiga amalan (Ibadah) yang tak akan putus walaupun sudah meninggal dunia yakni ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah dan doa dari anak sholeh (HR. Muslim).(dzt_dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

SEJARAH SANTRI

Next Post

PPDB 2024-2025

Related Posts